Kamis, 28 Oktober 2010

Manusia Dan Cinta Kasih

                                                                  ™PENDAHULUAN™


             Sebagai manusia kita tak lepas oleh Hal yang 1 ini yaitu "Cinta Kasih", Pengertian Cinta Kasih ini sangat banyak dan menyangkut dan salin berhubungan dengan manusia dalam kehidupan sehari - hari.


A.Pengertian Cinta Kasih.

           Cinta Kasih yaitu persaan sayang, saling mengasihi, saling berbagi, saling peduli. Menurut Frich Fromm diibaratkan sebagai suatu seni, yang sebagaimana bentuk seni yang lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk biasa menggapainya. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 38-40.

            Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Dalam kasih sayang masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya seakan akan merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 45-47.
            Bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta karena  kasih sayang merupaakan pertumbuhan dari cinta. Dan itu pun akan berdampak lebih besar lagi pada kasih sayang dalam rumah tangga, yang akan menguranngi hak kasih sayang yang diperoleh ,oleh anak-anaknya. Jadi kasiuh sayang pernah dialami oleh  setiap orang, sejak lahir anak sudah mendapat kasih sayang. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 47.


 B. Manusia Dan Cinta Kasih


            “Hidup tanpa cinta itu kosong.” Cinta amat penting dalam kehidupan manusia. Belumlah sempurna hidup seseorang jika dalam hidupnya tidak pernah merasakan apa artinya cinta, karena hidup manusia di dunia tidak sendiri, melainkan selalu melibatkan pihak lain.
Dalam diri manusia terdapat dua sumber kekuatan yang menggerakkan manusia untuk berbuat dan bertingkah laku, termasuk untuk mencinta dan dicinta. Dua sumber yang dimaksudkan adalah akal dan budi di satu pihak, dan di pihak lain adalah nafsu. 

Segitiga Cinta Sternberg
  Gairah Keintiman Komitmen
Kekanak-kanakan ada tak ada tak ada
Cinta Penuh Kebersamaan tak ada ada ada
Cinta Konyol ada tak ada ada
Cinta yang Sempurna ada ada ada
Jika hanya ada gairah, maka hanya nafsu yang terjadi, hal ini yang terjadi dalam suatu perselingkuhan. Jika hubungan memiliki keintiman dan komitmen, tetapi sedikit gairah atau bahkan tidak ada, maka cinta penuh afeksi terjadi – sebuah pola cinta yang sering ditemukan pada pasangan bahagia yang telah menikah bertahun-tahun lamanya. Jika gairah dan komitmen ada, tetapi keintiman tidak ada, Sternberg menyebut hubungan itu sebagai cinta yang konyol (fatuous love), terjadi saat seseorang memuji orang lain dari jauh. Jika ketiga komponen cinta ada, maka tipe cinta itu dinamai Sternberg sebagai cinta sempurna (consummate love).

thx sumber  http://www.majalahmeditao.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar